MD Lakukan Praktik Pengalaman Lapangan
di PT. Firdaus Mulia Abadi

Satu mingguan setelah hari Selasa, 24 mei 2022 sejumlah enam mahasiswa prodi Manajemen Dakwah diserah-terimakan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di PT. Firdaus Mulia Abadi yang beralamat di Jl. Merapi No. 4 Banaran, Grogol Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. Fathurrohman Husen, M.S.I sebagai dosen pendamping lapangan mengantarkan para mahasiswa ke lokasi PKL, antara lain: Ahmad Syakirun Ni’am Murtadho, Muhammad Zeidan, Ishak Sofian, Aqil Hafidha, Nada Fitri Nur Hidayah, dan Nurul Amaliah Sari.

Kegiatan penyerahan magang ini diterima oleh staf-staf karyawan PT. Firdaus Mulia Abadi, sementara bapak H. Tri Winarto, S.Si selaku direktur belum bisa hadir karena beliau masih melaksanakan umrah dan tour ke Turki untuk mendampingi jamaahnya. Bersama empat staff karyawan yang hadir, di antaranya: Candra Eko Julianto, Yan Muhammad Ilham, Kurnia Nahar P, dan Vetra Setiaji pembimbing menyampaikan maksud dan harapan kegiatan magang mahasiswa MD di PT. Firdaus Mulia Abadi. “Pelaksanaan PPL diharapkan mahasiswa dapat belajar untuk melakukan praktek secara langsung dalam pelaksanaan kerja di biro ini, karena secara teori sudah belajar di mata kuliah. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat aktif untuk kreatif contohnya dalam membuat konten-konten di sosial media yang bertujuan untuk mempromosikan dari biro firdaus ini,” ungkap Pak Fathur.

Pihak biro yang diwakili oleh Mas Vetra Setiaji menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Udshuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said kepada pihak biro, sebagai lokasi kegiatan PPL. “Pemberangkatan umrah untuk tahun ini sudah selesai yang mana setelah ini persiapan haji, namun akan ada beberapa kegiatan yang dapat diikuti mahasiswa, seperti persiapan pemberangkatan jemaah haji”, jelas Vetra. “Sekiranya para mahasiswa dapat belajar tentang strategi pemasaran atau marketing yang dilakukan oleh biro, seperti Getok Tular yang menjadi andalan biro ini” tambah Kurnia. Selain itu, ada strategi lain untuk mempromosikan dengan menggunakan sosial media yang lebih dominan menggunakan instagram dan juga youtube. Kegiatan PPL akan dipantau oleh pendamping dengan tiga klai kunjungan dosen pembimbing, yaitu penyerahan, monitoring-evaluasi, dan penarikan.