Kemenag Surakarta Menjadi Pilihan Lokasi PPL Mahasiswa MD

Pada minggu lalu, sejak 23 Mei 2022, para mahasiswa melakukan PPL di Kementerian Agama Kota Surakarta. “Kami senang bisa membantu teman-teman mahasiswa untuk belajar dan mempraktikan ilmunya di sini. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat. Apabila terdapat beberapa kekurangan dari kami mohon untuk di evaluasi saja dan apabila ada kelebihan ya silahkan kalian bawa dan jadikan pengalaman bagi kalian,” sambut bapak Achmad Aridfin.

Di Kemenag Surakarta terdapat beberapa seksi penyelenggaraan PTSP (pelayanan satu pintu terpadu), layanan haji dan umrah, pelayanan humas, pelayanan umum pendidikan madrasah, serta pelayanan umum BIMAS Islam. Diharapkan teman-teman mahasiswa akan ditempatkan pada lima seksi tersebut sesuai dengan keahlian kalian,” tambahnya.

Penyerahan PPL oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) diterima oleh perwakilan dari ketua Kemenag Kota Surakarta, yaitu Bapak H. Achmad Arifin, S.Ag., M.Pd. selaku Kasubag Tata Usaha. Kelompok PPL 7 dari Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan magang selama 1 bulan sejak penyerahan. Pada kegiatan penyerahan tersebut, Bapak Faturahman Husen, S.Ag selaku DPL menyampaikan “Terima kasih atas kesediaan Kemenag Kota Surakarta yang menerima Peserta PPL ini, kami berharap kerjasama yang baik ini berlanjut dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.” tutur bapak Fathurrohman Husen sebagai DPL.

Sekilas info, bahwa PPL Program Studi Manajemen Dakwah pada tahun 2021-2022 diikuti oleh 70 mahasiswa, terbagi dalam 14 kelompok tersebar di berbagai lokasi di sekitar Solo Raya hingga Kanwil Kemenag Jawa Tengah.