Pelatihan Table Manner di Syariah Hotel Solo

Surakarta- 5 November 2019, Mahasiswa IAIN Surakarta prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuludin Dakwah, semester 3 melakukan kunjungan ke Syariah Hotel Solo (Lor In Syariah), tepatnya di Jl. Adi Sucipto No.47 Solo, Central Java- Indonesia. Syariah Hotel Solo merupakan hotel Syariah terbaik se-Indonesia. Kunjungan tersebut diikuti oleh 62 peserta dari kalangan Mahasiwa, dan diikuti oleh 4 Dosen MD yang terdiri dari Kaprodi, Sekjur, dan beberapa dosen. Pemandu saat Table Manner berlangsung, disampaikan oleh Bapak Iskandar selaku Tuan Rumah dari Hotel Syariah Solo.

Kunjungan ini sebagai kegiatan Praktikum Perhotelan yaitu Table Manner. Dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara makan yang baik sesuai dengan kelas Internasional dan untuk meningkatkan martabat. Table Manner nantinya akan sangat bermanfaat untuk Para Mahasiswa dimasa mendatang. Maka dari itu Para Mahasiswa MD sangat berantusias dalam kegiatan table manner. Selain Table Manner, rangkaian kegiatan lain yang dilakukan adalah Making Bed, Cooking Class, Showing Ruangan, dan juga pengenalan segala fasilitas yang ada di Lor In Syariah. Pada kegiatan tersebut Para Mahasiswa juga dijelaskan mengenai asal muasal table manner yakni dari Eropa, table manner tingakatanya adalah Internasioanl.

Menu yang disajikan kali ini adalah Bread and Butter, Egg Smoked Beef Salad, Fish Pasta Tomato Veg. Clear Soup, Grilled Chickhen Breast With Mashed Potato, Pudding Caramel, dan Hot Tea or Coffe. Pada dasarnya menu saat table manner terdiri dari Appetaizer (Makanan Pembuka), Soup, Main Coure (Hidangan Utama), dan Dissert ( Makanan penutup). Dalam Kegiatan tersebut Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana etika-etika saat makan, berbicara menerima telpon, dan segala etika yang berhubungan saat jamuan resmi (Internasional-Nasional). Selain itu juga dapat mengetahui Bagaimana cara penggunaan alat-alat makan mulai dari spoon, fork, dan knife yang beraneka ragam, yang memiliki fungsi tersendiri pada waktu tertentu. Kebersihan dan segala sesuatu kenyamanan yang dibutuhkan para pengunjung, sangat diperhatikan Lor In Syariah.

Para Mahasiswa juga diajak berkeliling ke Kamar-Kamar, dan juga diperkenalkan jenis Kamar dan Harganya, ke Restaurant, Mushola, Keuntungan-keuntungan atau fasilitas yang ditawarkan Hotel Lor In Syariah. Kegiatan tersebut sangat membentu Para Mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan yang berhubungan dengan perhotelan yang akan berguna dimasa depan. Oleh Karena itu kegiatan ini bersifat wajib dan akan dirasakan oleh setiap Mahasiwa Manajemen Dakwah pada semester tertentu. Karena tidak semua jurusan akan merasakan belajar table manner hanya terkhusus oleh Mahasiswa Prodi Manajemen Dakwah, oleh karena itu kegiatan tersebut sangat ditunggu-tunggu para mahasiswa dan akan mendapatkan antusias yang sangat tinggi. Selain itu akan mendapatkan sertifikat table manner yang mana akan menambah point tersendiri dimasa mendatang dalam melamar sebuah pekerjaan. Maka dari itu kegiatan praktikum perhotelan table manner sangat bermanfaat.