HMJ MD IAIN Surakarta Ikuti Rapat Kerja Nasional se-Indonesia.

MD – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Dakwah (MD) Institut Agama Negeri Islam (IAIN) Surakarta turut mengirim delegasi pada Rapar Kerja Nasional Manajemen Dakwah se-Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Negeri Islam (UIN) Walisongo Semarang pada Jumat hingga Minggu, 26-28 Oktober 2018. Tercatat, 16 perwakilan perguruan tinggi se-Indonesia hadir memenuhi undangan Rapat Kerja Nasional ini.

Rapat kerja Nasional ini merupakan lanjutan dari Kongres nasional yang diadadakan kemarin di Bandung dengan ketua terpilih yaitu Moh Reza Palevi dari Universitas islam negeri Ar-Raniry Aceh. Rapat Kerja Nasional MD tahun 2018 mengambil tema “Revitalisasi peran Mahasiswa Manajemen Dakwah dalam menghadapi milenial”.

Hari pertama agenda yang dilakukan adalah seminar nasional yang bertema “ revitalisai kelembagaan zakat dalam perekonomian umat “ bersama  Drs.H. Farhani. SH-MM, selaku Ketua Kementrian Agama Provinsi Jawa tengah.

Drs.H. Farhani. SH-MM menegeaskan bahwasannya di setiap daerah/ kabupetan yang ada di jawa tengah harus memiliki Baznas sendiri-sendiri. Harus mampu madiri dan berlandasan hukum. Badan yang mengurus zakat dimasjid pun itu termasuk ke dalam kelembagaan zakat dan itu harus berbadan hukum. Beliau berpesan kepada mahasiswa agar memberikan informasi mengenai zakat kepada masyarakat dengan baik dan benar dan sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan.

Setelah seminar selesai kemudian dilanjut dengan pembagian Koordinator wilayah dan penentuan Departement  di masing-masing wilayah.

Kemudian hari kedua dilanjut dengan palantikan pengurus Forum Komunikasi Mahasiswa (FKM) Manajemen Dakwah (MD) se-Indonesia dengan ketua Moh Reza Palevi dari Aceh, sekretatis Dari Jakarta, Bendahara dari Riau dan Masing-masing koordinator wilayah.

Dengan dilantiknya kepengurusan baru dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional yang membahas program kerja 2 tahun ke depan oleh masing-masing koordinator wilayah dengan terumuskan program kerja ini diharapakan dapat membuat perubahan atau dampak bagi manajemen dakwa se-indonesia.

Alhamdulilah Rapat Kerja Nasional Forum komunikasi mahasiswa manajemen dakwah se-indonesia ke-5 dapat berjalan berjalan dengan lancar dilanjutkan dengan acara terakhir city tour  kota semarang dan foto bersama. (Dewi Marsitha)