SIKOHAT Haji, Manajemen Dakwah bersama Kementrian Agama kabupaten Boyolali

MD – mahasiswa manajemen dakwah (MD) Institut Agama Negeri Islam (IAIN) Surakarta melakukan kunjungan Kementrian Agama kabupaten Boyolali diikuti oleh 70 mahaiswa yang mengambil mata kuliah Sistem Informasi Haji Terpadu.

Kunjungan ini dilakukan bertujuan agar mahasiswa bisa langsung tahu tentang sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu yang ada di kemetrian agama kabupaten boyolali dan bagaimana cara mengoperasikannya.

Sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu (SIKOHAT) merupakan sebuah aplikasi untuk pendaatn para jamaah haji. Aplikasi ini merupakan terebosan baru di bidang haji dan aplikasi ini sudah sampai pada tahap gelombang II yang lebih baik dan terperinci dari pada gelombang II.

Bapak Asikin selaku ketua kasi bidang haji menjelaskan bahwa sikohat ini  adalah perangkat kerja pelayanan penyelenggaraan haji indonesia  aplikatif, praktis,efektif efesien, terintegratif dan akurat .

Beberapa kemudahan dengan adanya siskohat antara lain : Secara real-time dapat langsung di hitung jumlah setoran bpih, Pendaftaran haji dapat dilakukan sepanjang tahun nonstop, Menyimpan database lengkap seluruh jamaah secara terstruktural, Kemudahan dan kecepatan layanan informasi tentang posisi dan  status jamaah haji kepada pablik sejak masa pendaftaran sampai masa pemberangkatan , operasional di arab saudi hingga kepulangan kembali ke daerah asal di tanah air

Beliau juga menjelaskna cara kerja siskohat  mengolah dan mengintegrasi data yang komprehensif serta akuarat meliputi : pendaftaran calon haji, pemrosesan dokumen haji, pembatalan haji, perbank kan dalam mutasi keuangan, persiapan keberangkatan (embarkasi), dan monitoring operasional di tanah suci hingga proses kepulangan ke tanah air ( debarkasi ).

Erna zuvida mahasiswa manajemen dakwah mengajukan pertanyaan tentang “bagaimana sikohat ini bisa efektif untuk para jamaah sedangkan jamaah itu rata-rata sudah tua dan tidak bisa menggunakan teknologi “

Bapak Asikin menjleaskan bahwa bagi para jamaah yang tidak tahu tentang sikohat ini kami akan mendampingi hingga tuntas baik dalam proses dan pelaksaannya dan sistem pengisian sikohat ini hanya bisa di kementrian agama kabupaten masing-masing tapi kalau untuk informasi dan pengaduan masalah bisa di akses siapaun.

Kemudian acara ini ditutup dengan foto bersama dan penyerahan kenag-kenagan dari pihak jurusan manajemen dakwah. (dewi marsita)