Belajar Dakwah, MD adakan kunjungan ke madrasah Diniyah Islamiyah Surakarta.

MD – Mahasiswa Manajemen Dakwah (MD)  Institut Agama Negeri Islam (IAIN) surakarta melakukan outing kelas ke Madrasah Diniyah Salafiyah Surakarta pada hari Jum’at, 30 Novemeber 2018 yang diikuti oleh 50 mahsiswa semester 3 Manajemen Dakwah.

Outing kelas ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik metode dakwah di lapangan. Terutama bagaimana dakwah yang berkembang di masyarakat pasar kliwon yang terkenal dengan religiusitasnya.

Bapak juhdi amin selaku dosen mengutarakan bahwa mahasiswa tidak hanya belajar di dalam ruangan saja tetapi juga harus paham akan permasalah yang timbul di dalam masyarakat dengan cara terjun langsung untuk melihat masalah itu.

Husein Al-habsy selaku ustad yang mengajar memaparkan bahwa cara berdakwah itu ada 4 cara yaitu 1.Ta’aruf yaitu mengenal satu dengan yang lain antar jamaah. 2. Ta’aluf yaitu menghubungkan batin satu dengan yang lain dengan kalmat tauhid. 3. Terlib yaitu membesarkan Allah dan keagunan Allah, mengecilkan kerap-kerlip dunia. 4. Tas’il pembentukan karakter dengan materi yang dibawakan.

Beliau juga menegaskan bahwa dakwah itu bukan hanya untuk orang yang kita dakwahi tetapi juga untuk pengingat diri sendiri.

Kemudian dilanjut sesi tanya jawab oleh muhammad permadi yaitu tentang bagaiamana cara dakwah raulullah dahulu.

Rasulullah dulu selalu istiqomah dalam berdakwah dan manusia itu adalah rahmatan lil alamin jadi berdakwah dengan cara kasih sayang bukan dengan kekerasan walaupun itu cara terakhir.

 

Kemudian penutupan diakhiri dengan minta do’a restu agar dapat kuat untuk menjalankan dakwah di era selanjtnya.