LENGKAPI PEMBELAJARAN, MD MHU LAKSANAKAN PRAKTEK HAJI DAN UMROH

Prodi Manajemen Dakwah konsentrasi Manajemen Haji dan Umroh melaksanakan kegiatan praktek haji dan umroh di Pendopo Salatiga pada Senin (5/10). Kegiatan ini dilaksanakan untuk melengkapi kegiatan belajar teori tentang haji dan umroh dikelas. Dengan kegiatan praktek ini diharapkan mahasiswa mendapatkan gambaran secara jelas bagaimana pelaksanaan ibadah Haji maupun Umroh.

“praktek haji dan umroh ini melengkapi teori-teori yang sudah kita pelajari dikelas, kita kemarin sudah belajar tentang fiqih haji, geografi haji dll” sambutan pak Juhdi (5/10).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa MD konsentrasi MHU semester 7. Kumpul di kampus dan berangkat bersama-sama dengan sepeda motor pada pukul 07.30 wib, dan tepat pukul 08.45 rombongan tiba di Pendopo. Sesampainya di Pendopo mahasiswa beristirahat dan melakukan persiapan pemasangan miniatur Kakbah.

Untuk lebih menjiwai, mahasiswa diperkenankan untuk memakai kain ihrom yang sudah disediakan. Tepat pukul 09.30 mahasiswa mulai dikumpulkan didepan pendopo. Hal ini untuk mendengarkan penjelasan dan arahan dari Pak Juhdi Amin selaku dosen mata kuliah Praktek Haji dan Umroh tentang alur pemberangkatan dan tata tertib serta doa yang dilafadzkan ketika sedang dalam praktek.

Seluruh mahasiswa melaksanakan rangkaian manasik haji dan umroh secara sungguh-sungguh dan penuh keseriusan. Diakhir praktek mahasiswa juga diajarkan sunah-sunah yang ditekankan selama beribadah haji dan umroh, misalnya meminum air Zam-zam. Tetap pukul 11.00 wib kegiatan manasik haji dan umroh ini selesai. Selanjutnya mahasiswa makan siang bersama dan sholat berjamaah. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi dan istirahat. Sebagian mahasiswa bermain di sungai dan mencari kelapa muda yang tepat berada di samping Pendopo.

Pukul 14.00 wib mahasiswa bersiap untuk kembali ke kampus lagi. Sebelum itu mahasiswa foto bersama dengan Pak Juhdi Amin. Kegiatan ini berjalan dengan lancar hingga kembali ke kampus. Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menambah pengetahuan mahasiswa tentang haji dan umroh. (aff)