Perkuat Kompetensi Mahasiswa MD melakukan kunjungan ke IPHI Sukoharjo

MD – mahasiswa manajemen dakwah (MD) Institut Agama Negeri Islam (IAIN) Surakarta melakukan kunjungan ke Ikatan Pesaudaraan Haji Indonesia Kab Sukoharjo tepatnya di kecamatan Gatak pada 27 November 2018 yang di ikuti oleh 35 mahasiswa.

Kunjungan ini dilaksanakan oleh mahasiswa kosentrasi manjemen haji dan umrah, dalam mata kuliah perencanaan haji dan umrah yang diampu oleh bapak juhdi amin. Dalam kunjungan ini mengambil tema “ orientasi pengenalan IPHI kecamatan Gatak “

H.Mustamil S H I, MM. Selaku ketua pimpinan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia memaparkan beberapa program yang ada  di IPHI kec Gatak diantaranya yaitu : Menyantuni anak yatim,membangun madrasah, peduli fakir miskin, pengajian riutinan sebulan sekali dengan kelompok haji, baik dengan satu angkatan ataupun Se-kabupaten Sukoharjo. Kegiatan ini bertujuan agar silaturahmi para jamaah haji tetap terjaga dengan baik dan mengembangkan ilmu agama yang akan di terapkan di dalam masyarakat.

Beliau juga menjelaskan bagaimana tahap-tahap yang harus dilalui oleh calon jamaah haji di kecamatan gatak diantarannya :

1. Pembentukan panitia.

2. Rapat bersama dengan panitia.

3. Pembukaan manasik.

4. Koordinasi dengan jajaran lembaga kecamatan,.

5. Pembinaan kebugaran.

6. Mendampingi tes kesehatan tingkat kabupaten.

Sistem yang diterapkan di dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia kecamatan Gatak ini adalah sistem dekat dengan masyarakat. Jadi pihak pengurus IPHI melakukan berbagai program agar dapat dekat dengan masyarakat dan menjalin kekompakkan antar Jamaah. Salah satunya yaitu melakukan manasik haji dengan door to door ke calon jamaah haji sebelum keberangkatan, kebutuhan para calon jamaah disiapkan oleh IPHI dan di antar langsung ke rumah para jamaah. Dalam pembuatan paspor pun juga di dampingi.

 

Alhamdulilah kegiatan ini berjalan dengan lancar dan ditutup dengan makan bersama kemudian sholat jamaah. (Dewi Marsita)