Rapat Dosen Manajemen Dakwah Penguatan Bimbingan Skrispi

Dalam rangka peningkatan kualitas bimbingan skripsi, maka prodi Manajemen Dakwah melaksanakan rapat penguatan bimbingan skripsi bagi Dosen yang telah dapat membimbing skripsi. Rapat digelar secara online, pada hari Selasa (04/08/20) diikuti oleh 6 dosen Manajemen Dakwah. Pengarah dalam diskusi rapat oleh beliau Dr. Agus Wahyu Triatmo,M.Ag sebagai Kaprodi Manajemen Dakwah.

Dalam pemaparan Pak Kaprodi, memberikan arahan:
1. Dosen pembimbing harus mereview proposal dan skripsi:
Bab I: Latar belakang harus menggambarkan fokus penelitian atau rumusan masalah jelas dan fokus.
Bab II: Landasan teori terdapat grand teori atau teori, pendukung yang berkaitan rumpun keilmuan: dakwah, komunikasi, manajemen untuk menyusun sebuah instrumen.
Lalu pada tinjauan pustaka ada sitasi minimal 10 ke jurnal.
Bab III: Penentuan populasi dan sampel serta cara menghitung untuk metode kuantitatif atau sumber data untuk metode kualitatif.
Bab IV: Pemaparan data dan pembahasan pada kuantitatif: interpretasi fenomena sedangkan kualitatif: mendeskripsikan dan mengelaborasi teori.
Bab V: Kesimpulan mengacu rumusan masalah.
2. Teknik penulisan mahasiswa mengacu pada buku panduan skripsi, seperti: margin, spasi, penomoran, kutipan menggunakan mendeley dan plagiasi. Penulisan harus detil dan substansi, jika belum memenuhi standar skripsi maka tidak diijinkn untuk ACC sidang.
3. Pada saat ujian mahasiswa harus dapat menunjukkan buku rujukan dan jurnal.

Dibagian akhir rapat dilanjutkan sesi diskusi dan sharing. Selanjutnya diakhiri dengan kesepahaman dan komitmen tujuan dari rapat.