Review Kurikulum IAIN Surakarta Tahun 2020

Karanganyar, Selasa (21/07) Hadirnya era 4.0 merupakan salah satu yang melatarbelakangi diadakannya agenda review kurikulum bagi hampir semua lembaga pendidikan tinggi, tidak terkecuali IAIN Surakarta. Lebih-lebih akan segera berlakunya alih status IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said.

Acara review kurikulum yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Surakarta ini mengambil tempat di Hotel Lor In Syariah Solo. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 21-24 Juli 2020 mendatang. Sebagai agenda yang penting dan strategis, review kurikulum kali ini diikuti oleh semua Wakil Rektor, seluruh Dekan, kepala lembaga, hingga Kepala Program Studi.

Sebagai bekal bagi seluruh peserta, acara review kurikulum kali ini juga mendatangkan Prof. Sutrisno, salah satu pakar kurikulum yang berasal dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Dalam paparannya, Prof. Sutrisno yang diberi tugas untuk mereview kurikulum IAIN Surakarta, menyampaikan banyak hal yang mesti dilakukan oleh IAIN Surakarta terkait dengan review kurikulum, agar menjadi perguruan tinggi yang bisa terakreditasi unggul secara nasional dan internasional.

Sebagai peserta aktif, Kaprodi MD, Dr. Agus Wahyu Triatmo, menyatakan bahwa review kurikulum bukan hal yang mudah untuk dilakukan, melainkan memerlukan kepakaran dari setiap program studi. Kepakaran tersebut diperlukan karena review kurikulum memerlukan pemahaman filosofis keilmuan di samping kemampuan teknik kelembagaan keilmuan terkait dengan core keilmuan program studi. Oleh karena itu sudah saatnya kepala program studi dipegang oleh SDM yang pakar dalam ilmu yang dikembangkan program studi.

Dari acara ini diharapkan akan muncul kurikulum baru bagi IAIN Surakarta yang akomodatif terhadap berbagai tuntutan zaman pada satu sisi, memberi harapan bagi seluruh stakeholder, utamanya bagi calon mahasiswa IAIN Surakarta. Hal tersebut penting mengingat kurikulum mestinya juga berfungsi sebagai daya tarik bagi calon mahasiswa untuk memilih kuliah di sebuah perguruan tinggi. Semoga. (Admin MD)