BERKAH RAMADHAN, HMPS MD adakan NGOPI’O bersama Ketua MUI Sukoharjo

Bulan Ramadhan telah jatuh tepat pada tanggal 24 April 2020, sangat berbeda sekali dari tahun sebelumnya karena bulan suci ini disambut dengan virus yang sangat buming di dunia yaitu corona atau lebih dikenal Covid 19. Himpunan Mahasiswa Program Study Manajemen Dakwah IAIN Surakarta menyelenggaran diskusi online dengan tema NGOPI’O (ngolah pikir online) tentang “Sikap Mahasiswa Menghadapi Covid 19 di Bulan Ramadhan” Minggu 26/4. Anjuran pemerintah untuk stay at home ditengah pandemi ini, acara diskusi dilakukan secara online. Bukan hanya mahasiswa dari IAIN Surakarta saja yang ikut untuk berpartisipasi, namun mendapatkan apresiasi dan ketertarikan dari mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia bahkan terdapat siswa SMA yang tertarik untuk mengikusi Ngopi’o ini, yaitu dari PN Pontianak, IAIN Salatiga, UIN Ar Raniry, STAIN Bengkalis, IAIN Kudus, SMAN 1 Muncar, Universitas Trunjoyo Madura dan beberapa Perguruan Tinggi yang ikut meramaikan diskusi melalui Grup Whatsapp.
Pertama kalinya HMPS MD melangsungkan acara diskusi online sejak terjadi pandemi covid-19. Diskusi ini merupakan suatu acara online yang diluar catatan, guna untuk mengisi kegiatan pada jadwal program kerja yang sempat tertunda karna wabah ini. HMPS MD menghadir salah satu dosen IAIN Surakarta yang cukup terkenal di kalangan Mahasiswa yaitu Bpk KH.Drs Abdullah Faishol, M.Hum atau akrab di panggil Abah Faishol. Bukan hanya berprofesi sebagai dosen namun Beliau juga aktif dalam organisasi luar dan merupakan ketua umum MUI Kab.Sukoharjo.
Abah Faishol menyajikan materi dalam diskusi sangatlah menarik, “adanya stay at home ini dianjurkan untuk tetap melakukan aktifitas-aktifitas yang dilakukan semestinya. Tentu saja bukan penghalang untuk mengurangi beribadah di rumah pada bulan Ramadhan ini, berbuka puasa di rumah bersama keluarga, terawih dirumah bersama keluarga dan juga sahur. Hal ini jika diamati, mendapat banyak sekali pembelajaran yang bisa di petik, salah satunya bisa lebih dekat dengan keluarga dan mendekatkan pada Sang Pencipta” pemaparan Beliau.
Peserta yang mencapai 182 mahasiswa ini memiliki respon yang sangat baik, terbukti banyaknya pertanyaan yang tertumpuk pada moderator untuk disampaikan dan didiskusikan bersama narasumber. Hal ini menjadikan diskusi semakin seru dan menarik dengan berbagai lontaran pertanyaan dan feedback.
Pengurus HMPS berharap diskusi seperti ini bisa berjalan secara rutin, sehingga kegiatan yang tela tercatatn pada program kerja HMPS MD bisa berjalan dengan lancar dan sukses, serta dapat memberikan manfaat kepada seluruh civitas akademik.

Penulis : Puput Anjarwati ( Mahasiswa Manajemen Dakwah)