KONSENTRASI MPI MD KKL KE TASIKMALAYA

Foto bersama pegawai Dispora

(Bandung, 26 Februari 2020) KKL (Kuliah Kerja Lapangan) merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Manajemen Dakwah tiap tahunnya, dengan mengunjungi instansi pemerintahan yang berhubungan dengan konsentrasi di prodi Manajemen Dakwah. Pada tahun ini, KKL dilaksanakan ke Jakarta yang diikuti oleh seluruh mahasiswa konsentrasi Manajemen Pariwisata Islam angkatan tahun 2017 serta didampingi oleh Bapak Agus Wahyu T (Kajur MD) dan Bapak Ade Yuliar (Sekjur MD).

KKL dilaksanakan selama 3 hari, dari hari selasa tanggal 25 Februari sampai dengan tanggal 28 Februari 2020. Berangkat dari kampus jam 20.00 wib dan sampai di Tasikmalaya pada jam 04.00 wib dini hari. Pada hari pertama ini kunjungan dilakukan ke Dinas Pariwisata Tasikmalaya yang terletak di Jl. Ahmad Yani No.128, Sukamanah, Kec. Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat dan dilanjutkan ke Desa Wisata Kampung Naga yang terletak di desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Pada hari kedua dilaksanakan refresing dengan mengunjungi destinasi wisata di Bandung.

Mahasiswa disambut baik oleh para pejabat di Dinas Pariwisata Tasikmalaya, dan juga dilakukan diskusi tentang perkembangan Wisata Islam di Tasikmalaya maupun di Indonesia. Banyak ilmu baru yang didapatkan oleh mahasiswa yang bisa dipraktekkan di daerah tempat tinggal masing-masing. Diakhir diskusi juga dilakukan pemberian cinderamata dan kenang-kenangan oleh mahasiswa dengan Dinas Pariwisata.

Setelah dari Dinas Pariwisata selanjutnya kunjungan dilakukan ke Desa Wisata Kampung Naga yaitu merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda. Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Dengan adanya KKL ini mahasiswa diharapkan bisa mengnambah pengalaman kerja di lapangan yang sebenarnya. Sehingga setelah lulus nanti mahasisiwa tidak kebingungan dalam bekerja. Dan dengan KKL ini prodi MD dapat menambah relasi dengan Instansi-instansi yang bisa diajak kerjasama.