70 Mahasiwa Prodi MD KKL ke Disbudpar Jatim, Hasilkan Wawasan Manajemen Wisata Halal

Jawa Timur, 30 Maret 2022 tepatnya di Kecamatan Gayungan Kabupaten Surabaya, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Lapangan (KKL) mendampingi para mahasiswa Manajemen Dakwah berkunjung ke Dinas Kebudayaan dan Kebudayaan (Disbudpar) Jawa Timur. Pada kesempatan kunjungan ini, koordinator program studi Manajemen Dakwah, Ahmad Anwar Dani S.Sos.I., M.Sos.I. menyampaikan. “Maksud penunjukan lokasi KKL di Disbudpar ini dalam rangka memenuhi skill mahasiswa MD, yang nantinya akan menjadi bagian dari pengembangan pariwasata, khususnya dari aspek manajemennya. Tentu, KKL menjadi salah satu instrumen pelengkap dari penyampaian teori di kelas tentang kepariwisataan.” Hariyanto, S.Sos., M.M. sebagai Seksi Usaha Sarana Pariwisata dan Tim menyambut hangat dan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan UIN Raden Mas Said Surakarta, khususnya para mahasiswa dan dosen di peodi Manajemen Dakwah.

“Terimakasih atas kunjungan bapak-ibu dosen dan para mahasiswa ke Jawa Timur, karena kehadiran sekalian menjadi bagian dari pengembangan atau income wisata di tempat kami”, sambutnya. Dalam kunjungan ini diberikan forum semiloka oleh pihak Disbudpar dengan susunan acara yang dipimpin oleh Janti Paseru, S.St. Par Seksi Pendataan dan Pengembangan Pasar.

“Kami berterimakasih telah diterima di Disbudpar Jatim untuk mengantarkan para mahasiswa MD yang ingin turut menambah wawasan dan update terkait perkembangan pariwisata, khususnya pariwisata halal”, ungkap Kajur Dakwah dan Komunikasi, Dr. Agus Wahyu Triatmo. Pada sesi ini Pak Hariyanto menjelaskan tentang profil pariwisata di Jatim, sistem pengelolaan, dan juga perkembangan serta implementasi pariwisata halal. Sesi presentasi ini disamput antusias dengan berbagai pertanyaan para mahasiswa dalam diskusi.

Harapan dari kunjungan ke Disbudpar Jatim ini, para mahasiswa bisa melakukan PPL dengan dilamgsungkan kerjasama antara prodi dengan lembaga. Kegiatan berjalan hikmat dan penuh antusias dari masing-masing pihak. (fh)