MD Adakan Pelatihan Kepenulisan Skripsi Sesi 1 “Metode Kualitatif “

Sukoharjo, 30 Maret 2021. Tepatnya pada hari selasa, Prodi Manajemen Dakwah mengadakan pelatihan kepenulisan skripsi metode kualitatif. Pelatihan kepenulisan skripsi ini diselenggarakan selama dua hari, yaitu pada hari Selasa atau tepat pada hari ini dan hari Rabu. Pelatihan kepenulisan skripsi diadakan melalui zoom meeting, sebagai Master of Ceremony yaitu Bapak Ade Yuliar, S.E., M.M. dan Khoiris Sholikhin sebagai Moderator. Opening speech disampaikan oleh Bapak Dr. Agus Wahyu Triatmo, M. Ag., sebagai Kaprodi Manajemen Dakwah FUD IAIN Surakarta, untuk pemateri sesi kualitatif disampaikan oleh Ibu Puput Yanita Senja, MBA selaku Dosen Manajemen Dakwah FUD IAIN Surakarta.

Pelatihan ini diikuti oleh 93 partisipasi yang sebagian besar terdiri dari para mahasiswa Manajemen Dakwah. Acara tersebut berlangsung pada pukul 10.00 sampai dengan 11.41 WIB. Meskipun dilaksanakan secara online, para mahasiswa sangat berantusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya Mahasiswa yang bertanya. Karena terbatasi oleh waktu maka hanya diambil empat penanya untuk sesi diskusi. Dalam kesempatan tersebut para mahasiswa menanyakan tentang kevalidan data, jangka waktu untuk melakukan penelitian kualitatif, cara menyusun pertanyaan wawancara yang baik dan trik dalam berwawancara.

Adanya pelatihan kepenulisan skripsi diharapkan membuat mahasiswa semakin paham mengenai teknis kepenulisan skripsi kualitatif. Banyak ilmu yang telah disampaikan oleh Ibu Puput mengenai berbagai cara kepenulisan skripsi kualitatif. Pesan yang disampaikan Ibu Puput kepada para Mahasiswa yaitu skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Jangan berharap menginginkan skripsi yang sempurna, yang terpenting tetap semangat terus perbaiki setiap kesalahan. Lalu segera tulis dan revisi. Tetap semangat pejuang skripsi. Dw