Pengabdian Kepada Masyarakat MD gelar Program Pengelolaan Keuangan TPQ

Sabtu (27/3), Dosen MD (Manajemen Dakwah) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema Manajemen Pemberdayaan Organisasi TPQ Dan Tata Kelola Keuangan TPQ. Dosen Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah, IAIN Surakarta yang menjadi TIM Pengabdian yaitu Bapak Drs. Juhdi Amin, M.Ag., Bapak Fajar Santoso, S.E.,M.M., dan Miss Rini Wulandari, S.PAR.,M.Sc. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 30 Ustadz Ustadzah dari berbagai TPQ di daerah Salatiga. Pemberdayaan Organisasi TPQ dilaksanakan pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.00, bertempat di Pendopo Nurul Amin Desa Gading Kecamatan Tangeran Kabupaten Semarang. Kegiatan tersebut dimoderatori oleh Miss Rini Wulansari, S.PAR., M.Sc.

Pemberdayaan tersebut diisi dengan 2 pemateri, dua kali sesi. Untuk sesi pertama di isi oleh Bapak Fajar Santoso, S.E.,M.M., selaku Dosen MD IAIN Surakarta dengan materi ” Penjaminan Mutu TPQ”. Selanjutnya sesi 2 materi “Amazing Digital Fundraising” dengan pemateri Bapak Ni’am Al Mumtaz, M.E., selaku Dosen FEBI IAIN Salatiga, Pengurus Lazizmu Salatiga, dan Pendamping Ahli Pemasaran BMT Lestari. Kedua Pemateri memiliki basic dan skill yang tepat sasaran. Tim dari Bapak Juhdi Amin lebih mengarah kepada Pengabdian yang ditujukan ke Masyarakat dengan berbasis program yang bermutu, dengan mengangkat topik “Manajemen Keuangan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ)”. Dalam acara tersebut para Ustadz-Ustazah sangatlah terbantu untuk mengetahui bagaimana manajemen TPQ yang sesungguhnya, mulai dari perencanaan, implementasi sampai dengan evaluasi, bahkan bagaimana fundraising dana pengeloaan TPQ.

Kegiatan tersebut berlangsung secara khidmad, lancar, para pengngelola TPQ sangat berantusias untuk mengupas mengenai manajemen TPQ. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya para Ustadz-Ustadzah yang melontarkan sejumlah pertanyaan dan pernyataan keluh kesah yang mereka alami. Agar nantinya para Tim Pengabdian dapat menjawab dan memberikan solusi terhadap problematika TPQ yang mereka jalani. Dalam kesempatan tersebut Bapak Kyai Drs, Juhdi Amin, M.Ag juga membagikan kepada masyarakat mengenai ilmu dan pengalaman yang Beliau miliki, agar nantinya dapat dipelajari dan diamalkan untuk mensejahterakan TPQ. untuk closing statement Bapak Kyai Drs. Amin Juhdi, M.Ag., memberikan semangat kepada para pengurus TPQ untuk tetap istiqomah berdakwah dijalan Allah dan siap dengan adanya program untuk menindaklanjuti langkah-langkah selanjutnya untuk mencapai kesejahteraan para santri dan guru-guru TPQ.

Acara tersebut dilaksanakan agar Para Pegurus TPQ terbuka wawasanya terutama dalam hal memanagement TPQ yang mereka kelola, dan dapat mencetak santri-santri yang berkualitas akal dan akhlaknya, mampu bersaing menghadapi zaman yang seperti ini.