PKM MD Kolaborasi dengan Yayasan Permata Qur’an Nusantara

Sukoharjo, 17 Maret 2021. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Berbasis Program yang Bermutu oleh Prodi Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta bertempat di Dusun Ngadirejo, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Tim PKM terdiri dari 3 orang dosen MD, yaitu Bapak Ade Yuliar, MM, Bapak Muhammad Raqib dan Puput Yanita Senja, MBA beserta 1 mahasiswa Pasca Sarjana IAIN Surakarta (alumni MD), Sdr. Afif Abdul Roshid, S.Sos.

Kegiatan PKM ini berupa sosialisai keilmuan dengan tema utama “Strategi Optimalisai Media Sosial dalam Lembaga Dakwah”. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Yayasan Permata Qur’an Nusantara. Kegiatan ini diikuti oleh 30 santri dan santriwati serta didampingi oleh pengurus yayasan.

Materi pertama bertemakan “Dakwah di Era Digital” disampaikan oleh Bapak Ade Yuliar, MM. Beliau dosen sekaligus Sekretaris Program Studi Manajemen Dakwah FUD IAIN Surakarta. Poin utama yang dibahas, yaitu tantangan serta strategi yang bisa diterapkan oleh lembaga dakwah agar adaptif di era digital.

Materi kedua menjabarkan tentang “Strategi Optimalisasi Sosial Media dalam Lembaga Dakwah” disampaikan oleh mahasiswa pasca Sarjana IAIN Surakarta Saudara Afif Abdul Roshid, S.Sos. Isu utama yg dibahas adalah bagaimana memanfaatkan Instagram Bisnis untuk pengembangan lembaga dakwah. Acara berjalan lancar, atraktif serta inspiratif. Pengurus yayasan memberi dukungan positif untuk kolaborasi kegiatan dengan Prodi Manajemen Dakwah selanjutnya.