PEMBEKALAN TES CPNS DAN KARIR DI DUNIA KERJA BAGI ALUMNI PRODI MANAJEMEN DAKWAH

Sukoharjo, 12 Maret 2021. Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta menyelenggarakan acara pembekalan bagi alumni secara online via Zoom meeting. Adapun materi terbagi menjadi dua sesi yaitu pembekalan tes CPNS dan pembekalan karir di dunia kerja. Kaprodi Manajemen Dakwah Dr.Agus Wahyu Triatmo,M.Ag dalam sambutannya berpesan agar para alumni mempersiapkan adanya tes ASN tahun 2021 yang digelar oleh Pemerintah dalam waktu dekat ini dengan rencana merekrut hampir 1,3 juta CPNS dan PPPK.

Sesi pertama, materi karir di dunia kerja disampaikan oleh Puput Yanita Senja,M.B.A bahwa era sekarang di industri menerapkan adanya generalisasi kompetensi jadi bagi alumni Manajemen Dakwah terbuka peluang untuk masuk ke perusahaan-perusahaan. Dalam pemaparannya ada beberapa strategi yang dijelaskan dengan detil antara lain strategi yang perlu disiapkan untuk melamar pekerjaan seperti pembuatan curriculum vitae beserta surat lamaran, strategi dalam pengerjaan tes psikologi dan strategi dalam interview.

Sesi kedua, materi tes CPNS oleh Fathurrohman Husen,M.S.I dalam penyampaian materi mengulas gambaran pelaksanaan tes CPNS tahun 2021 ini beserta rencana formasi CPNS yang ditawarkan berdasarkan info dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Selanjutnya pemberian tips dan trik dalam pengerjaan soal-soal CAT yang terdiri dari TWK, TIU dan TKP. Lalu dijelaskan juga gambaran tahapan selanjutnya yaitu tes TKB berupa interview dan tes kompetensi.

Pada sesi terakhir dilanjutkan dengan sesi diskusi interaktif. Peserta yang mengikuti acara ini berjumlah 40 berasal dari alumni dan mahasiswa Manajemen Dakwah tingkat atas.